Lampung Utara (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, Totong Sunardi bersama dengan Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad), Herry Setiawan, hari ini, Kamis, 27 Oktober 2022 melaksanakan peninjauan kembali pelaksanaan Asesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Utara. Kamis, 27 Oktober 2022.
Untuk hari ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, Totong Sunardi bersama Kasi Penmad Herry Setiawan mengunjungi Madrasah Ibtidiayah Negeri (MIN) 1 Lampung Utara.
Dalam kunjungannya ke MIN 1 Lampung Utara, Kepala MIN 1 Lampung Utara, Budiman melaporkan bahwa jumlah peserta yang mengikuti ANBK ini sebanyak 30 Siswa yang dibagi menjadi 4 sesi. Budiman mengatakan untuk pelaksanaan ANBK di MIN 1 Lampung Utara berjalan lancar walaupun sedikit perlu adaptasi bagi para siswa-siswi dalam mengerjakan soal.
Dalam Tinjaunnya Totong Sunardi, melihat langsung dan menayakan tentang pelaksanaan kegiatan ANBK kepada Kepala MIN 1 Lampung Utara mulai dari persiapan, Pelaksanaan dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Kegaiatan ANBK
Totong mengatakan, tujuan dilaksanakannya Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program evaluasi secara Nasional. Penyelenggaraan ANBK sebagai langkah untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan
Totong menambahkan, Asesmen di rancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar siswa.
“Assesmen Nasional ini, nantinya dilaksanakan dalam tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar,” Ucap Totong.
Sementara Kasi Penmad Kankemenag Lampung Utara mengatakan, dari peninjauan ANBK hari ini, soal-soal yang dikerjakaan oleh siswa-siswi pada tahun 2022 ini banyak yang merujuk pada Psikologi anak-anak bukan seperti soal-soal yang di ujikan pada tahun-tahun yang lalu.
Herry menambahkan, ANBK ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik esensial sebuah sekolah dan madrasah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi dan karakter siswa-siswi. Mulai dari ciri pengajaran yang baik, sampai program dan kebijakan sekolah yang membentuk iklim akademik, sosial, dan keamanan yang kondusif. (Rd).
0 Comments:
Posting Komentar