SELAMAT DATANG DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Rabu, 10 Juni 2020

PJ. SEKDA LAMPUNG UTARA INSPEKTUR UPACARA PADA PERINGATAN HAB KE-74 KEMENTERIAN AGAMA


PJ. SEKDA LAMPUNG UTARA INSPEKTUR UPACARA PADA PERINGATAN HAB KE-74 KEMENTERIAN AGAMA


Lampung Utara (Humas). Jum’at, 03 Januari 2020. Upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama RI di Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, Jum’at, 03 Januari 2020  dihadiri  Pj. Sekda Lampung Utara (H. Sofyan). Pada kesempatan itu, Pj. Sekda juga bertindak selaku Inspektur Upacara. Jum’at, 03 Januari 2020.

Pj. Sekda Lampung Utara (H. Sofyan) saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan HAB Ke-74 Kementerian Agama di Kabupaten Lampung Utara, membacakan amanat Menteri Agama (Fachrul Razi). Dalam amanatnya, menyampaikan bahwa hari ini adalah dalam rangka memperingati tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama, yaitu Hari Amal Bakti Kementerian Agama.

“Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama. Kita semua bisa berdiri di tempat ini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu.” Ucap Sofyan.

Lebih lanjut Sofyan menyampaikan, Kementerian Agama dibentuk pada 3 Januari 1946 dengan Menteri Agama pertama Haji Mohammad Rasjidi. Kementerian Agama lahir di tengah kancah revolusi fisik bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan.

”Sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan, Kementerian Agama hadir dalam rangka pelaksanaan pasal 29 Undang-Undang Dasar 1945,” kata Sofyan membacakan sambutan Menteri Agama.

Lebih lanjut Sofyan menyampaikan, dalam negara Pancasila, siapa pun dengan alasan apa pun tidak diperkenankan melakukan propaganda anti-agama, penistaan terhadap ajaran agama dan simbol-simbol keagamaan, menyiarkan agama dengan pemaksaan, ujaran kebencian dan kekerasan terhadap pemeluk agama yang berbeda. Demikian pula segala kebijakan pemerintah tidak boleh bertentangan dengan kaidah agama dan ideologi negara.

”Agama dan Negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia.” katanya.

Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020 ialah, “Umat Rukun, Indonesia Maju”, Menteri Agama mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

”Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat.” Pungkasnya.

Adapun petugas dalam Upacara HAB Ke-74 Kementerian Agama di Kabupaten Lampung Utara, sebagai Pemimpin Upacara Muhtar dari MAN 2 Lampung Utara, Petugas Pembacaa UUD 1945 (Ruslinda) dari Kantor Kementerian Agama  dan Pembaca Pra Satya Korpri (Salehudin Jupri) dari MIN 6 Lampung Utara.

Upacara diikuti oleh seluruh ASN Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, mulai dari ASN yang bertugas di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, ASN bertugas Madrasah Negeri/Swasta, ASN bertugas KUA Kecamatan serta para siswa-siswi Madrasah.

Upacara HAB Ke-74 Kementerian Agama di Kabupaten Lampung Utara dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Drs. H. Qomaru Zaman, MA), Kepala Subbag Tata Usaha (Drs. H. Makmur, M.Ag), Para Kasi/Penyelenggara, Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta para Purnawirawan Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara.

Upacara Puncak HAB Ke-74 Kementerian Agama di Kabupaten Lampung Utara ditutup dengan pembacaan doa oleh Kepala KUA Kecamatan Sungkai Utara (Khoiri). (Rd/Sry).
Share:

0 Comments:

Posting Komentar

KEPALA KANKEMENAG KAB. LAMPUNG UTARA

KEPALA KANKEMENAG KAB. LAMPUNG UTARA
Drs. H. TOTONG SUNARDI, MM

PENGUNJUNG

Hit Counter

ABSENSI ONLINE

Log In SIMPEG

LOG IN SIEKA

PENDAFTARAN PTSP ONLINE

PENDAFTARAN PTSP ONLINE
PTSP KANKEMENAG LAMPUNG UTARA

SEARCH