SELAMAT DATANG DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Kamis, 11 Juni 2020

KEMENAG LAMPURA SIAP DUKUNG PEMKAB DALAM PENANGANAN COVID-19


KEMENAG LAMPURA SIAP DUKUNG PEMKAB DALAM PENANGANAN COVID-19


Lampung Utata (Humas). Selasa, 14 April 2020. Kementerian Agama Kabupaten Kabupaten Lampung Utara siap dukung Pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara dalam Pencegahan dan Penanangan Covid-19 (Corona) ucap Makmur saat mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara dalam Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Covid-19 (Corona) bertempat di Aula Kantor Desa Tanjung Iman Kecamatan Blambangan Pagar Kabupaten Lampung Utara, Selasa, 14 April 2020.

Makmur selaku Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara bersama Akhmad Syaibani, S.Ag (Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara), mengatakan bahwasannya Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara siap bekerjasama dan mendukung apa yang jadi program Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dalam mencegah penularan dan Penanganan Covid-19 (Corona), penangan Pasien yang terkena Virus Corona, sampai dengan pengurusan jenazah apabila ada korban meninggal karena terkena Covid-19 (Corona).

“Kita harus bergandengan tangan dalam memutus rantai penularan COVID 19,” Ucap Makmur.

Makmur juga menjelaskan beberapa terkait tata cara pengurusan jenazah muslim yang meninggal karena Virus Covid-19 (Corona) yang merujuk Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor : 18 Tahun 2020 kepada Para Aparat Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Tanjung Iman yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut juga Akhmad Syaibani menyampaikan bahwa Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara siap mendukung sepenuhnya program pemerintah daerah Lampung Utara dalam penangan Virus Covid-19 (Corona) salah satunya memperdayakan para penyuluh untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga jarak, menghindari kerumunan orang banyak dan lainya yang bersifat dapat langsung menularkan Virus Covid-19 (Corona).

Sebelumnya Plt. Sekda Kabupaten Lampung Utata (H. Sofyan) saat memimpin sosialisasi tersebut menyampaikan bahwa status tanggap darurat penanganan Covid-19 (Corona) di Lampung Utara menjadi satu kesatuan dengan status penanganan Covid-19 Provinsi Lampung. Informasi terbaru saat ini, ada 2 orang warga Lampung Utara yang positif terkena terkontaminasi Virus Corona yang masuk dalam OTG (Orang Tanpa Gejala). Mereka sebelumnya memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien positif terkontaminasi di wilayah Gowa Sulawesi Selatan, dan saat ini sudah hampir satu pekan, dua saudara kita tersebut dengan kesadaran sendiri telah mengikuti isolasi yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara yaitu bertempat di Islamic Center Kotabumi Lampung Utara, dan Alhamdulillah sampai saat ini mereka dalam keadaan sehat. Dan kebutuhan mereka selama diisolisasi akan di tanggung pemerintah daerah Kabupaten Lampung Utara.
Selanjutnya Plt. Sekda Kabupaten Lampung Utara menegaskan Pemerintah ada dan terus berbuat untuk melindungi masyarakat tetapi masyarakat juga harus patuh terhadap aturan yang ada, selalu menjaga kebersihan diri, menjaga jarak minimal 1 meter apabila akan kontak dengan seseorang, memakai masker, menjaga pola hidup sehat,  serta mengikuti anjuran yang diberikan MUI dan yang lainnya.

Selain memberikan sosialisasi terhadap Pencegahan Covid-19 (Corona) Plt. Sekda Kabupaten Lampung Utara, pada hari ini mengumpulkan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Aparat Desa Tanjung Iman  salah satunya bertujuan untuk, memberikan informasi bahwa di Daerah Desa Tanjung Iman, akan dijadikan Rujukan Pemakaman apabila ada Warga Masyarakat Lampung Utara yang terkontaminasi Covid-19 (Corona) dan meninggal dunia. Tanah tersebut merupakan tanah Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara yang berukuran 4 Hektar, yang terletak di Desa Tanjung Iman Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara.

Pada Sosialisasi tersebut juga diisi oleh beberapa pemateri, diantaranya dari Ketua MUI Lampung Utara (Drs. H. Mughofir), Kepala Puskesmas Kalibalangan Abung Selatan, dan Tenaga Kesehatan dari Rumah Sakit Ryacudu Kotabumi Lampung Utara yang menjelaskan pencegahan, dan penanangan terhadap Covid-19, mulai dari penularan, isolasi dan sampai cara pengurusan jenazah korban yang terkena covid-19 (Corona). (Rd).

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

KEPALA KANKEMENAG KAB. LAMPUNG UTARA

KEPALA KANKEMENAG KAB. LAMPUNG UTARA
Drs. H. TOTONG SUNARDI, MM

PENGUNJUNG

Hit Counter

ABSENSI ONLINE

Log In SIMPEG

LOG IN SIEKA

PENDAFTARAN PTSP ONLINE

PENDAFTARAN PTSP ONLINE
PTSP KANKEMENAG LAMPUNG UTARA

SEARCH