SELAMAT DATANG DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Kamis, 11 Juni 2020

KEPALA KUA KEC. ABUNG KUNANG LAMPURA, UKUR ARAH KIBLAT


KEPALA KUA KEC. ABUNG KUNANG LAMPURA, UKUR ARAH KIBLAT



Lampung Utara (Humas). Selasa, 18 Februari 2020. Berdasarkan PMA Nomor 34 Tahun 2016 salah satu fungsi KUA adalah Pelayanan dan Bimbingan Dalam Hisab dan Rukyat. Berdasarkan itu Kepala Kantor Urusan (KUA) Kecamatan Abung Kunang Kabupaten Lampung Utara (Abdul Rohim, S.Hum., M.Pd.I) melakukan Pengukuran Arah Kiblat di Desa Beringin Kecamatan Abung Kunang Kabupaten Lampung Utara, Selasa, 18 Februari 2020, Pukul : 10.00 Wib. Selasa, 18 Februari 2020. 

Pengukuran arah kiblat tersebut menurut Abdul Rohim berdasarkan surat permohonan dari pengurus yang akan mendirikan mushola yang berasal dari swadana masyarakat.

Rohim menyebutkan bahwa koordinat ka'bah terletak pada lintang 21 derajat 25 menit dan Bujur Kabah 39 derajat 49 menit.

"Berdasarkan pengukuran lintang tempat berada pada 4 derajat 53 menit Lintang Selatan dan Bujur tempat pada 104 derajat 48 menit Bujur Timur".  Ujar Rohim.

Rohim melanjutkan bahwa setelah berhasil ditemukan posisi Lintang dan bujur tempat lalu dimasukan kedalam rumus arah kiblat.  

"Hasilnya arah kiblat di Desa beringin bila diukur dari titik utara ke barat adalah 64 derajat 47 menit,  dan azimuth kiblat 295 derajat 13 menit ". Ucap Rohim

Rohim meneruskan alat yang digunakan berupa Global Positioning System,  Kompas Digital dan alat ukur kiblat.

Turut mendampingi dalam pengukuran arah kiblat,  Kepala Desa Beringin (Sawaludin), Sekdes (Budi Mulyawan),  Pengurus Pembangunan (Hery Hermanto) dan beberapa panitia pembangunan. (Rd/Rhm).

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

KEPALA KANKEMENAG KAB. LAMPUNG UTARA

KEPALA KANKEMENAG KAB. LAMPUNG UTARA
Drs. H. TOTONG SUNARDI, MM

PENGUNJUNG

Hit Counter

ABSENSI ONLINE

Log In SIMPEG

LOG IN SIEKA

PENDAFTARAN PTSP ONLINE

PENDAFTARAN PTSP ONLINE
PTSP KANKEMENAG LAMPUNG UTARA

SEARCH