SELAMAT DATANG DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Kamis, 11 Juni 2020

MAKMUR BERIKAN MATERI PADA PEMBINAAN KOMSOS CEGAH TANGKAL RADIKALISME/SEPARATISME


MAKMUR BERIKAN MATERI PADA PEMBINAAN KOMSOS CEGAH TANGKAL RADIKALISME/SEPARATISME


Lampung Utara (Humas). Kamis, 11 Juni 2020.  Hari ini, Kamis, 11 Juni 2020, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (Drs. H. Makmur, M.Ag), mewakili Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, memberikan Materi Komsos (Komunikasi Sosial) Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme di Kodim 0412 Lampung Utara. Kamis, 11 Juni 2020.


Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme dibuka langsung oleh Dandim 0412 Lampung Utara (Letkol Inf Krisna Pribudi) yang dilaksanakan aula Adiguna oleh Kodim 0412 Lampung Utara.

Saat membuka kegiatan tersebut Dandim 0412 Lampung Utara (Letkol Inf Krisna Pribudi) menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Angkatan Darat setiap tahunnya, dengan tujuan memberikan pemahaman dengan baik dan benar serta mengimplementasikan bagaimana kehidupan bernegara. Sehingga kader-kader yang diberikan kedepannya dapat mengimplementasikan dan mensosialisasikan kepada masyarakat  bahayanya radikalisme dan separtisme tersebut sehingga dapat meluruskan dan membenarkan yang salah.

Lanjut Lektol Inf Krisna Budi, semoga sosialisasi ini dapat memberikan manfaat bagi Angkatan Darat dan para peserta yang mengikuti sosialisasi ini.

Sementara Drs. H. Makmur, M.Ag selaku Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, yang ditunjuk menjadi pemateri pada sosialisasi tersebut menyampaikan mengenai penyebab timbulnya Radikalisme, mulai dari Faktor Internal (salah dalam memahami agama) dan Faktor Eksternal (Adanya Faktor Pemicu dari luar).

Dalam sosialisasi tersebut, Makmur juga menyampaikan mengenai Moderasi Beragama. Moderasi Beragama ialah meyakini seyakin-yakinnya, agama yang dianut, dan memberikan ruang kepada orang lain, untuk menyakini agamanya.

Moderasi Agama ialah mewujudkan pengamalan Islam moderat, ini program yang sangat penting terkait penanggulangan mereka yang ekstrem kanan, bahkan sangat kanan. Jadi kalau yang kanan itu mungkin radikalisme, tetapi yang paling kanan itu mungkin terorisme dan seterusnya. Selain itu juga yang mungkin liberal kiri dan seterusnya. Melalui program Moderasi Agama, harapannya gerakan-gerakan radikalisme, fundamentalisme, ekstrimisme, terorisme, akan sangat bisa diminimalkan dan bahkan dinihilkan”. Ujar Makmur. (Rd).  


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

KEPALA KANKEMENAG KAB. LAMPUNG UTARA

KEPALA KANKEMENAG KAB. LAMPUNG UTARA
Drs. H. TOTONG SUNARDI, MM

PENGUNJUNG

Hit Counter

ABSENSI ONLINE

Log In SIMPEG

LOG IN SIEKA

PENDAFTARAN PTSP ONLINE

PENDAFTARAN PTSP ONLINE
PTSP KANKEMENAG LAMPUNG UTARA

SEARCH