SELAMAT DATANG DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Rabu, 16 Desember 2020

Plt. KAKANKEMENAG DILANTIK MENJADI PENGURUS MABICAB GERAKAN PRAMUKA LAMPUNG UTARA MASA BHAKTI 2019-2020

 

Plt. KAKANKEMENAG DILANTIK MENJADI PENGURUS MABICAB GERAKAN PRAMUKA LAMPUNG UTARA MASA BHAKTI 2019-2020

Lampung Utara (Humas). Rabu, 16 Desember 2020. Hari ini, Rabu, 16 Desember 2020, Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (H. Erwinto, M.Kom.I) dilantik menjadi Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (MABICAB) Gerakan Pramuka Lampung Utara Masa Bhakti 2019-2024. Rabu, 16 Desember 2020.

Pelantikan MABICAB Gerakan Pramuka Lampung Utara Masa Bhakti 2019-2024, dilantik langsung oleh Ketua Kwarda  Provinsi Lampung. Acara pelantikan dihadiri langsung oleh Bupati Lampung Utara yang juga dilantik sebagai Ketua MABICAB Gerakan Pramuka Lampung Utara Masa Bhakti 2019-2020.

Tampak hadir dalam acara tersebut Polres Lampung Utara, Kimal Lampung Utara, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Lampung Utara, serta para tamu undangan.

Dalam sambutannya Bupati Lampung Utara (H. Budi Utomo) menyampaikan sebagi anggota Pramuka, tentu kita bersyukur karena pramuka memiliki pedoman hidup disiplin, dan memiliki jiwa empati membantu sesamanya, sebagaimana yang ditanamkan di dalam Dwi Darma, Tri Satya dan Dasa Darma. Di tengah Pandemi Covid-19, Pramuka masih dapat memberikan andil dengan gerakan kedisplinan nasional yang mengajak semua nggota masyarakat agar tertib untuk mengikuti protokol kesehatan, serta menggaungkan gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli, dan saling berbagi. Namun demikian, terlepas dari masalah Covid-19 sejatinya Pramuka juga sedang menghadapi tantangan dinamika zaman. Tidak dipungkiri bahwa dewasa ini minta generasi muda untuk ikut ke dalam kepanduan bisa dikatakan semakin menurun. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya pilihan pembelajaran ekstra kurikuler yang ditawaran sekolah kepada siswa. Ini adalah tantangan kita, bagaimana supaya Pramuka tentang eksis dengan memberikan  program yang menarik bagi anak didik, tidak monoton dan membosankan. Pembina Pramuka yang tidak mampu membuat kegiatan kepramukaan itu menjadi menarik, maka besar kemungkinan banyak siswa yang tidak akan melanjutkan pada jenjang berikutnya. Ini menjadi akar persoalan. Sebab keberlansungan kegiatan kepramukaan itu sangat tergantung pada pembina.

Lanjut Bupati Lampung Utara persoalan pembina pramuka ini harus menjadi perhatian kita bersama. Problemnya ada dua, yakni dari sisi kuantitas yang terbatas, dan kualitas yang belum merata. Dari sisi kuantitas, jumlah pembina memang terbatas, sehingga menyulitkan pramuka untuk berkembang, pdahal kegiatan kepramukaan tida bisa berjalan tanpa adanya pembina. Sedangkan dari sisi kualitas, juga terjadi penurunan, karena pembinanya sering berganti-ganti dan berhenti di tengah jalan. Banyak dari pembina yang tidak mampu bertahan, disebabkan oleh berbagai faktor. Padahal idealnya pembina itu harus secara berkesinambungan dapat mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD), Kursus Mahir Lanjut (KML), Kurus Pelatih Dasar (KPD), dan Kursus Pelatih Lanjut (KPL). Karena itu, kita harus  dapat mempersiapkan berbagai langkah dan terobosan untuk mengtasi persoalan tersebut kalau ingin Pramuka di daerah kita tetp eksis.

Diakhir sambutanya, Bupati Lampung Utara mengatakan mudah-mudahan dengan semangata kepengurusan baru ini, kita semua tidak saja dapat meneruskan berbagai program dengan lebih baik lagi, tetapi juga mampu menghasilkan terobosan-terobosan penting untuk kemajuan Pramuka di Kabupaten Lampung Utara.

Sementara Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (H. Erwinto, M.Kom.I) setelah dilantik menjadi Wakil Ketua MABICAB Gerakan Pramuka Lampung  Utara Masa Bhakti 2019-2024, menyampaikan akan turut berperan serta melalui pengurus Kwarcab ini dalam membentuk karakter generasi muda bangsa, terutama dalam memberikan sentuhan melalui sisi agama. Dan semoga seluruh pengurus dan anggota Kwarcab Lampung Utara dapat melahirkan program yang dapat menyentuh langsung terhadap kebutuhan generasi muda, yakni dalam pembentukan karakter yang tangguh untuk menentukan nasib bangsa dan negara dimasa depan.

“ Semoga gerakan pramuka semakin maju di Kabupaten Lampung Utara dan dapat bermanfaat dalam pembinaan generasi muda dan kemajuan disegala bidang Khususnya di Kabupaten Lampung Utara”. Ujar Erwinto.

 

Perlu diketahui, bahwa selain Pelantikan MABICAB, di tempat yang sama juga dilantik Pengurus Kwarti Cabang Gerakan Pramuka Lampung Utara Masa Bhakti 2019-2024 dan Pelantikan Pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Lampung Utara Masa Bhakti 2019-2024. (Rd).

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

KEPALA KANKEMENAG KAB. LAMPUNG UTARA

KEPALA KANKEMENAG KAB. LAMPUNG UTARA
Drs. H. TOTONG SUNARDI, MM

PENGUNJUNG

Hit Counter

ABSENSI ONLINE

Log In SIMPEG

LOG IN SIEKA

PENDAFTARAN PTSP ONLINE

PENDAFTARAN PTSP ONLINE
PTSP KANKEMENAG LAMPUNG UTARA

SEARCH