SELAMAT DATANG DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Selasa, 05 Desember 2023

Kepala Kemenag Lampura Kukuhkan Pokjaluh Agama Islam, IPARI, dan Pokjaluh Antar Lintas Agama

Lampung Utara (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara Totong Sunardi Melantik Dan Mengambil Sumpah/Janji Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam, Ikatan Penyuluh Agama Islam Republik Indonesia (IPARI), dan Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Antar Lintas Agama. Bersamaan dengan Rakoor Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, Senin 04 Desember 2023 Pukul 09.00 WIB. Senin, 4 Desember 2023.

Kegiatan Rakor bersamaan dengan pengukuhan Pokjaluh Agama Islam, IPARI dan Pokjaluh Antar Lintas Agama yang di adakan oleh Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam juga dihadiri oleh Kepala Seksi Bimas Islam Tarmizi, Kasubag Tata Usaha Nang Sukarman dan dihadiri oleh seluruh Kepala KUA Kecamatan Se-Kabupaten Lampung Utara serta dihadiri oleh Penghulu, Penyuluh PNS dan Penyuluh PPPK Se-Kabupaten Lampung Utara.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Lampung Utara Totong Sunardi dengan Melantik dan Mengambil Sumpah/Janji Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam, Ikatan Penyuluh Agama Islam Republik Indonesia (IPARI), dan Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Antar Lintas Agama Kabupaten Lampung Utara Periode 2023 - 2026. Dan berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Setelah melantik, dalam sambutannya Totong menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada rekan-rekan yang baru saja dilantik, semoga rekan-rekan semua bisa bekerja sama mensukseskan untuk program-program kerja baik itu program kerja Penyuluh Pokjaluh Agama Islam, IPARI, maupun Pokjaluh antar Lintas Agama.

Totong menjelaskan bahwa yang sebelumnya di Kementerian Agama hanya ada Pokjaluh Agama Islam, namun seiring perkembangan zaman dan keperluan Kementerian Agama selain ada Pokjaluh dibentuklah IPARI, dan Pokjaluh Antar Lintas Agama. Dalam pokjaluh antar lintas agama islam ada juga agama non muslim, kita sama sama tahu Kementerian Agama mendengungkan apa yang disebut moderasi beragama yang dilatar belakangi keragaman agama. Dalam keragaman ini kita bukan mencari perbedaan tapi kita mencari persamaan makanya kita melaksanakan Pokjaluh Antar Lintas Agama untuk memperkuat program kerja Kementerian Agama yaitu moderasi beragama.

Pada momentum Rakoor bulan ini yang sangat istimewa karena tidak hanya dihadiri oleh Kepala KUA, juga dihadiri oleh Penghulu dan Penyuluh.

“Pada kesempatan ini Saya ingin mengingatkan penyuluh adalah pegawai fungsional di Kementerian Agama yang mana salah satu tugas fungsinya mendakwahkan tentang agama islam kepada masyarakat, juga mendakwahkan tentang pembangunan dalam bahasa agama”. Jelas Totong

Lanjut Totong, ada Tiga tugas pokok seorang penyuluh diantaranya, Pertama Penyuluh berfungsi sebagai Edukatif, penyuluh sebagai seseorang yang diamanahi sebagai pendidik, pendakwah kepada umat sejalan dengan ajaran agama, Kedua : Penyuluh berfungsi sebagai Konsultatif, penyuluh sebagai tempat bertanya, mengadu bagi umat untuk penyelesaian masalah, dan Ketiga : Penyuluh berfungsi sebagai Advokatif, penyuluh berperan untuk membela kelompok/ umatnya dari sasaran ancaman dan gangguan.

Sementara itu, Kasubag Tata Usaha, Nang Sukarman menyampaikan ucapan selamat kepada para pengurus Pokjaluh Agama Islam, IPARI, Pokjaluh Antar Lintas Agama yang telah dilantik dan dikukuhkan semoga kedepannya bisa menjalankan program-program nya dengan baik.

Dan ditempat yang sama Kasi Bimas Islam, Tarmizi menyampaikan harapan di Rakoor penghujung Tahun 2023 kepada Kepala KUA, Penghulu dan Penyuluh Agama Islam untuk menjalankan tugas dalam pelayanan kepada masayarakat untuk ditingkatkan lebih baik lagi kedepannya. (Rd/Dw).

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

KEPALA KANKEMENAG KAB. LAMPUNG UTARA

KEPALA KANKEMENAG KAB. LAMPUNG UTARA
Drs. H. TOTONG SUNARDI, MM

PENGUNJUNG

Hit Counter

ABSENSI ONLINE

Log In SIMPEG

LOG IN SIEKA

PENDAFTARAN PTSP ONLINE

PENDAFTARAN PTSP ONLINE
PTSP KANKEMENAG LAMPUNG UTARA

SEARCH